Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hoax! Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Sebenarnya saya belum bisa memastikan apakah artikel "Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan" termasuk hoax atau bukan. Namun menurut saya, sisi ilmiah artikel Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan hampir-hampir tidak ada.

Dalam artikel tersebut, ada beberapa kombinasi makanan yang dikatakan tidak baik. Ada 17 kombinasi makanan yang dianggap tidak baik dikonsumsi secara bersama-sama. Kebanyakan karena kandungan gizi yang 'saling tumpang tindih'.

Artikel ini kami dapati di website ini. Penulisnya jelas bukan ahli gizi ataupun berlatar belakang kesehatan, sehingga kemungkinan besar tulisannya hanya hasil copy paste. Sayangnya, si penulis tidak menyebutkan sumbernya. Dari sini saja sebenarnya sudah cukup untuk mengatakan bahwa tulisan tersebut tidak ilmiah.

Beralih ke isinya. Isi artikel itu seringkali tidak nyambung. Mungkin sekali karena artikel itu hasil terjemahan. Beberapa contoh misalnya sebagai berikut

1.   Kedelai dengan bayam

Banyak orang yang sering memasak sayur bayam dengan lauk tempe yang notabene terbuat dari kedelai. Perlu diketahui bahwa kedelai tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan bayam.  Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena bayam mengandung asam oksalat yang dapat bereaksi dengan kalsium yang terkandung pada kedelai dan di dalam usus membentuk endapan yang tidak dapat larut yaitu kalsium oksalat. Kedelai dan bayam yang dimakan bersamaan akan mempengaruhi penyerapan kalsium sehingga  menyebabkan penyumbatan di perut.

Berapa puluh tahun sudah kah kita dan orang tua kita makan kedelai dan bayam? Dan tidak terjadi apa2. :P

Nomor 1 s.d. 5 hampir semuanya mengenai kalsium dan asam oksalat. Dan hanya dari nomor 1 saja saya sudah berkesimpulan bahwa hal itu mengada-ada. Okelah, mungkin bahan makanan tersebut mengandung kalsium dan asam oksalat. Tapi apa akibatnya sampai sedemikian ngerinya?

9.    Daging dengan buah semangka


Semangka disebut buah yang “dingin” dalam makanan, sedangkan daging (misalnya daging kambing) merupakan sebaliknya (panas). Ketika dikonsumsi bersamaan, efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastis. Bagi penderita asthenia limpa, hal ini dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa dan lambung

WTH???.

11.  Sapi dan chestnut

Chestnut mengandung vitamin C yang dapat bereaksi dengan mikro di daging sapi sehingga akan mengurangi gizi chestnut. Kombinasi kedua makanan ini tidak baik untuk pencernaan dan dapat menyebabkan dispepsia.

WTH??

16.  Wortel dengan lobak putih

Lobak putih mengandung vitamin C dan kandungan (apa) di wortel dapat merusaknya apabila dikonsumsi bersamaan. Oleh karena itu, makanlah kedua jenis sayuran tersebut secara terpisah untuk mendapatkan nutrisi terbaik.

Kanduangan apa di wortel? Tidak jelas!

Belum lagi beberapa hal ngeri lainnya terkait madu

  1. Konsumsi madu dengan bawang akan menyebabkan kerusakan mata.
  2. Konsumsi madu dengan tahu Jepang (Tofu) akan merusak pendengaran.
  3. Konsumsi madu dengan susu kacang kedelai akan menyebabkan gangguan pencernaan dan merusak pendengaran.
  4. Konsumsi madu dengan teh akan mengganggu pencernaan.
  5. Konsumsi madu dengan kepiting menyebabkan keracunan.



Saya rasa itu cukup bagi saya untuk tidak mempercayai begitu saja artikel tersebut, kecuali ada ahli gizi yang dapat secara ilmiah menjelaskannya. Hanya satu yang saya yakin merupakan kombinasi yang tidak baik, dan sayangnya tidak ada dalam artikel itu, yaitu mengkonsumsi Bayg*n dan buah-buahan secara bersamaan. Baik dicelup maupun dibuat jus. Hehehe